https://www.enviroapartment.com/

Pengaruh Besar Kecilnya Uang Muka Saat Membeli Apartemen

  • Artikel
Pengaruh Besar Kecilnya Uang Muka Saat Membeli Apartemen

Keputusan untuk membeli barang mewah seperti apartemen membutuhkan pemikiran yang cukup matang. Anda harus memiliki banyak informasi dan referensi terkait pembelian apartemen. Sebab membeli apartemen adalah menyangkut perencanaan anggaran jangka panjang. Memang tidak mustahil untuk membelinya secara cash, namun mayoritas orang membeli apartemen dengan cara kredit atau cicilan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan mencicil apartemen adalah besar kecilnya DP (down payment). Down payment atau uang muka adalah pembayaran awal yang bertujuan sebagai tanda jadi atas transaksi jual beli. Tujuan diberlakukannya down payment dari pihak penjual adalah untuk menjamin bahwa pembeli sah bertransaksi dan akan melunasinya. Sementara dari pembeli, adanya uang muka ini akan meringankan besarnya cicilan dibandingkan dengan membeli tunai.

Lalu, lebih baik membayar DP besar atau kecil sih? Sebenarnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, mari kita lihat bagaimana komparasi pengaruhnya menurut The Enviro Apartment.

Membeli apartemen dengan DP Besar

DP besar biasanya berkisar 30% hingga 50% dari total harga apartemen. Ketentuan ini juga telah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Jika Anda membeli apartemen dengan uang muka besar, jumlah dana pinjaman Anda di bank menjadi lebih kecil sehingga cicilan per bulan jadi lebih ringan. Ini jelas dilakukan jika dana Anda telah memadai. Jika belum mampu, sebaiknya tidak perlu menganggarkan banyak demi DP besar.

Membeli apartemen dengan DP Kecil

Sesuai ketentuan Bank Indonesia, DP kecil berkisar antara 10% sampai 15% dari total harga apartemen. Uang muka kecil akan memudahkan langkah awal Anda, namun cicilan per bulan bisa besar atau lama.

Lantas manakah yang terbaik untuk Anda?

Sebaiknya kembali pada kemampuan Anda. Ingatlah bahwa membeli apartemen tidak ada ruginya karena kebutuhan tempat tinggal tiap tahun makin meningkat. Sementara untuk down payment, Anda harus mempertimbangkan biaya tidak terduga lainnya pada beberapa bulan ke depan selama masih dalam masa pelunasan apartemen.

Jika membayar dengan uang muka yang besar, pastikan Anda tidak memangkas anggaran belanja untuk hal lain yang sama pentingnya. Dan jika DP kecil, pastikan Anda sanggup melunasi dan mencicil secara rutin dalam kurun waktu yang telah disepakati. Jadi, mau pilih uang muka besar atau kecil?


Related Articles

Category

whatsapp Phone