https://www.enviroapartment.com/

Ini Daftar Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan

  • Artikel
Ini Daftar Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan

Apakah Anda tinggal di apartemen? Atau akan membeli apartemen baru? Ya, menggunakan apartemen baik sebagai hunian atau investasi memang selalu ada hal yang tak luput dari perhatian, yaitu biaya maintenance apartemen.

Sebagai hunian vertikal, apartemen biasanya memiliki biaya perawatan khusus. Anda diwajibkan untuk mengeluarkan dana dalam rangka pemeliharaan apartemen guna menjaga apartemen Anda tetap dalam kondisi baik dan nyaman untuk ditinggali.

Sama halnya di Enviro Apartment, berikut beberapa biaya maintenance apartemen yang harus Anda keluarkan.

1. Biaya Cicilan Apartemen

Jika Anda belum menyelesaikan transaksi sampai ke pelunasan apartemen, biaya cicilan otomatis masih berlaku. Ini adalah biaya total hunian yang dikurangi DP dibagi jangka waktu cicilan. Umumnya, bank akan menghitung cicilan tidak lebih dari 30% jumlah gaji Anda per bulannya.

2. Biaya Service Charge dan Sinking Fund

Biaya ini biasanya disebut maintenance fee. Penggunaannya dipakai untuk biaya pengelolaan operasional gedung, kebersihan, keamanan, gaji petugas bagian perawatan gedung, pengelolaan taman, dan lain-lain. Beberapa apartemen juga menghitung biaya TV kabel dalam service charge ini. Sementara sinking fund lebih spesifik untuk pemeliharaan tertentu. Misalnya lift, genset, serta saluran udara dan air. Biasanya sinking fund semakin besar seiring dengan makin tuanya umur suatu apartemen.

3. Biaya Tarif Bisnis

Biaya tarif bisnis ini meliputi biaya listrik, air, gas, TV kabel, internet, telepon dan biaya servis lainnnya. Biasanya, biaya tarif bisnis apartemen lebih mahal 20-30% dibanding biaya tarif bisnis rumah tapak. Setiap apartemen memiliki tarif bisnis yang berbeda, dan biasanya ditarik setiap bulan, 3 bulan, atau per tahun dan besarnya tergantung luas hunian.

4. Biaya Transport

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, Anda tetap harus memperhitungkan biaya transport sebagai bagian dari biaya maintenance apartemen. Setiap bulan jumlahnya bisa berbeda-beda. Biaya transport sangat tergantung kebutuhan dan penggunaan, berupa pengeluaran bensin kendaraan, ongkos kendaraan umum, atau pemeliharaan kendaraan Anda.

5. Biaya Parkir

Jika tinggal di apartemen, Anda juga akan mengeluarkan biaya yang sangat spesifik yaitu untuk parkir. Setiap apartemen memiliki peraturan biaya parkir yang berbeda, namun ada juga apartemen yang membebaskan biaya parkir bagi penghuni. Biaya parkir wajib Anda bayarkan pada pengelola apartemen.

6. Biaya Pajak

Jangan lupa, Anda juga harus membayar pajak dari setiap properti yang Anda miliki. Poin inilah yang biasanya terlewatkan oleh penghuni apartemen. Biaya pajak atau perpanjangan hak bangunan seperti PPn, PPnBM, BPHTB besaran jumlahnya tergantung dari jenis, nilai, dan lokasi hunian. Mengenai kisaran, Anda bisa menanyakannya langsung kepada pengelola apartemen.

Nah, itulah beberapa biaya maintenance apartemen. Ingat, baik tinggal di apartemen maupun rumah tapak sama-sama membutuhkan biaya. Tergantung bagaimana cara Anda mengelola penghasilan. Pastikan Anda bisa mengelolanya dengan bijak agar biaya-biaya tersebut tidak luput dari anggaran belanja.


whatsapp Phone