https://www.enviroapartment.com/

Do & Don't: Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Properti

  • Artikel
Do & Don't: Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Properti

Saat ini investasi sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang bertanya “Mengapa harus investasi?”, jawabannya terbaiknya adalah untuk tabungan jangka panjang. Ya, bagaimana pun kita harus memiliki tabungan untuk masa depan. Maka dari itu, investasi dipilih sebagai solusi mengelola keuangan selain dengan cara menabung.

Seperti yang kita tahu, jenis investasi itu beragam. Namun ada 1 jenis investasi yang menarik dan sangat menjanjikan, yaitu investasi properti residential. Mengapa menjanjikan? Karena meskipun ekonomi dalam keadaan buruk, investasi properti berupa hunian akan lebih baik dari pada saham. Pasalnya, harga tanah akan selalu naik setiap tahun.

Nah bagi Anda yang tertarik dengan investasi properti, berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Yuk baca selengkapnya!

Do: Rencanakan Tujuan Investasi

Apa yang diharapkan dari investasi properti Anda? Inilah hal pertama yang harus Anda ketahui. Yakinkan diri bahwa investasi properti adalah langkah terbaik untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

Don’t: Menghabiskan Uang Untuk Seminar, Tapi Tidak Mengaplikasikannya Lebih Lanjut.

Jangan sampai informasi yang Anda dapatkan dalam seminar menjadi sia-sia. Pastikan Anda menerapkannya saat menjalani bisnis investasi ini. Sekali lagi, memiliki tujuan investasi akan membuat prosesnya jauh lebih mudah.

Do: Lihat Banyak Properti

Ini adalah salah satu tips memilih apartemen yang perlu Anda perhatikan. Jangan asal memilih properti yang “terlihat bagus” tanpa mengetahuinya lebih dalam. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerugian bahkan kekecewaan di kemudian hari.

Don’t: Menunda Program Investasi

Semakin muda usia Anda saat berinvestasi, semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan. Maka dari itu, jangan sampai Anda menunda investasi hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Do: Analisa Keuangan Menyeluruh

Bagaimana kondisi finansial Anda saat ini? Inilah hal yang penting diperhatikan sebelum memulai investasi properti. Sebaiknya lakukan analisa keuangan terlebih dahulu. Jangan pernah membeli properti dengan harga lebih tinggi dari harga hasil analisa. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai harga pasar properti yang Anda pilih.

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui saat memulai investasi properti, seperti laba bersih, ROI, Cap rate, total ROI. Dalam setiap kasus, "investasi" mengacu pada berapa banyak modal Anda pada properti tersebut. "Pembiayaan hutang" mengacu pada pinjaman yang harus dikeluarkan untuk membeli properti. Dan "total return" mengacu pada arus kas, ekuitas (misalnya, ekuitas diperoleh dari penyewa yang membayar uang sewa) dan pajak.

Setelah memahami angka-angka ini, Anda harus memiliki cukup informasi untuk menentukan apakah properti tersebut sesuai dengan tujuan keuangan atau tidak.

Don’t: Membeli Properti Dari Pemilik yang Tidak Ingin Jual

Jangan pernah memaksa pemilik untuk menjual propertinya! Karena dipastikan Anda tidak akan mendapat harga yang paling sesuai dengan keinginan.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dan jangan Anda lakukan. Jika tertarik untuk tetap berada di depan pajak dan inflasi sambil membangun keamanan untuk masa depan, ya investasi properti solusinya!


whatsapp Phone